https://soundcloud.com/search?q=nirvana

nirvana

kiblat online

FIFA

Selasa, 22 November 2011

Bentengan

Namanya Bentengan yaitu sebuah permainan tradisional adu kecepatan, ketangkasan , strategi, yang dimainkan oleh dua kelompok dengan tujuan permainan menguasai benteng lawan. Tiap kelompok tidak dibatasi jumlah anggotanya.Biasanya dimainkan siang hari di depan rumah yang ada pohon cengkehnya . Pohon cengkeh ini yang dijadikan sebagai Benteng atau camp cara orang sana bilang.
Dulu permainan ini sekitar tahun 80'an sampai 90'an awal awal sering dimainkan oleh anak-anak di desa kami.Karena kebetulan tiap-tiap rumah ,halamannya masih ada pohon cengkehnya dua atau tiga pohon bahkan kadang ada yang lebih dari tiga, jadi sanga pas untuk permainann bentengan ini.
Mengenai permainan ini sepertinya anak anak desa kami tidak ada yang tahu dari man a asalnya karena orang tua kami tidak ada yang cerita asal usulnya. Tapi sepertinya Bentengan sudah ada sejak lama.Mungkin melambangkan jiwa nasionalisme jenis permaianan ini atau malah kedaerahan , soalnya kalo di lihat lihat dan dicermati sepintas seperti suatu keadaan dimana disitu terjadi perang dengan taruhannya ya sebuah benteng .Tentunya itu terjadi jaman dulu dan kayaknya ditiru dalam permainan yang ini ini.
Cara main Bentengan
Benteng atau camp tentunya sudah ad yaitu pohon cengkeh harus dua berjejer jaraknya sekitar 3-5 meter. Benteng ini yang harus dijaga oleh anggota kelompok si benteng itu. Tidak ada pimpinan dalam kelompok ini semuanya sama jadi anggota.Cara memilih anggota biasanya dengan suit, yang suitnya kalah jadi anggota yang kalah begitu sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
WordLinx - Get Paid To Click